Berbagai Manfaat Bunga Kenanga


Tanaman bunga  Kenanga (Canangium odoratum) adalah tanaman yang bunganya memiliki aroma wangi sangat khas sehingga banyak disebut sebagai juga sebagai pohon parfum.

Karena wanginya yang semerbak ini saya pun menanam bunga kenanga di pekarangan rumah. Selain wangi bunga kenanga juga mengandung banyak minyak yang dipercayai memiliki beragam khasiat. Bunga kenanga sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan, khususnya dalam dunia kesehatan, yaitu sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit atau gangguan kesehatan.


1. Sebagai aromaterapi

Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam kembang kenanga dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan parfum aromaterapi alami. Minyak atsiri dipercaya bisa membantu dalam pengaturan kelenjar adrenalin, yang terdapat dalam sistem syaraf. Sehingga memberikan efek perasaan tenang, senang, serta menghilangkan perasaan panik, gelisah, maupun marah.

2. Mencegah bau badan

Bau badan yang tidak sedap dapat diatasi dengan mengkonsumsi ramuan yang berasal dari kembang kenanga sebanyak 15 gram dan gula batu secukupnya dalam 600 cc air bersih hingga air rebusan hanya tersisa separuhya saja. Setelah disaring segeralah untuk mengkonsumsi ramuan tersebut.

3. Sebagai bahan luluran

Sejak zaman dahulu kembang kenanga telah banyak digunakan berbagai kalangan masyarakat, terutama bagi keluarga bangsawan sebagai bahan untuk perawatan tubuh, misalnya saja luluran maupun masker. Yaitu dengan cara memanfaatkan kandungan minyak yang terdapat dalam kembang kenanga untuk membantu mendapatkan kulit maupun wajah yang halus dan lembut.

Post a Comment

0 Comments